Ciri khusus yang dimiliki tokek berserta fungsinya adalah


Ciri khusus yang dimiliki tokek berserta fungsinya berikut yang benar adalah . . .

Jenis Tokek yang Paling Mahal
Gambar diambil dari : situshewan .com

 a. Memiliki bantalan perekat ditelapak kakinya untuk berjalan dan menempel.
b. Memiliki kulit tubuh bersisik untuk memudahkan saat melompat.
c. Memiliki sengat di ujung ekornya untuk menyerang musuh.
d. Memiliki sepasang antenna untuk mengenali pasangannya.


Jawaban yang benar adalah : A


Hewan pada gambar adalah tokek. Tokek memiliki bantalan perekat pada telapak kakinya yang berguna untuk berjalan dan menempel pada dinding sehingga tak terjatuh saat berjalan di dinding seperti halnya yang dimiliki oleh cecak.

Jenis Tokek yang Banyak dicari


Sementara itu, kulit tubuh tokek bersisik merupakan ciri khasnya sebagai hewan reptilia atau biasa kita sebut sebagai hewan melata. Dalam hal ini tokek tidak memiliki sengat pada ujung ekornya maupun antena. Sengat pada ekor dimiliki oleh kalajengking dan lebah. 

Sementara untuk hewan yang mempunyai antena dimiliki oleh hewan belalang, kupu – kupu dan berbagai jenis hewan yang tergolong ke dalam hewan insekta atau serangga. Sehingga sangatlah berbeda dengan tokek dan cecak sebagai hewan melata. 

Dalam hal ini tokek yang termasuk hewan melata hidup pada dinding dan atap rumah. Sering sekali kita jumpai tokek yang hidup di sekitar lingkungan kita. Pada dasarnya tokek hidup menyendiri tetapi bisa juga hidup berkoloni. 

Jenis kulit tokek yang paling mahal
Gambar diambil dari : binatang .net


Tetapi akhir – akhir ini, tokek banyak diburu untuk koleksi karena warna kulitnya yang begitu menawan. Warna kulit tokek ini sering menjadi incaran para kolektor untuk dijual. Semakin bagus corak warna kulit pada tokek, maka semakin mahal harganya. Karena itulah, pada saat ini keberadaan tokek sangatlah mengkhawatirkan mengingat populasinya yang semakin menurun karena perburuan para kolektor. Tokek hidup dari memakan serangga dan hewan kecil lainnya. Tokek menangkap mangsanya dengan menjulurkan lidah seperti halnya cecak. 

Untuk interaksi dengan manusia, tokek sebenarnya tidak akan menggigit jika kita tidak mengganggunya. Karena tokek bukanlah musuh alami manusia dan bukan pula mangsa dari manusia. Dengan demikian jika adik – adik ketemu dengan tokek jangan takut ya. Karena selama kita tidak menganggu tokek, maka tokek tersebut juga tidak akan mengganggu kita. Sehingga adik –adik tidak perlu khawatir.

Mungkin pada saat kita ketemu tokek, dia sedang mencari makan. Mungkin juga karena makanan berupa serangga di tempat tinggalnya di atap sedang mengalami penurunan. Sehingga tokek terkadang turun dari atap untuk mencari makanan di bawah.

Sumber : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

0 Response to "Ciri khusus yang dimiliki tokek berserta fungsinya adalah"

Post a Comment