Penambangan Logam yang Berlebihan akan Dapat Menyebabkan

Perhatikan perstiwa - peristiwa berikut!

1.  Ketersediaan sumber daya alam semakin menipis
2.  Tanah menjadi berongga sehingga rawan terjadi longsor
3.  Kandungan unsur hara dalam tanah meningkat
4.  Keseimbangan lingkungan semakin stabil
5.  Taraf ekonomi masyarakat semakin membaik




Gambar diambil dari : indonesia-timur-co.id


Pengambilan sumber daya alam berupa bahan tambang logam yang tidak terkendali dapat mengakibatkan peristiwa nomor . . .

a.  1 dan 2
b.  1 dan 3
c.  3 dan 4
d.  4 dan 5


Jawaban yang benar adalah : A

Penambangan bahan tambang logam biasanya dilakukan dengan mengeruk tanah sehingga tanah menjadi berongga. Bisa dibayangkan jika tanah yang menjadi dasar dari bangunan rumah kita ini berongga kan? Oleh karena itu, penambangan yang dilakukan tanpa batas mengakibatkan sumber daya alam cepat habis dan tanah menjadi berongga.

Gambar diambil dari : afika.wordpresss.com


Tanah yang berongga menjadikannya tanah kurang kuat sehingga mudah runtuh atau longsor. Selain itu, pengerukan tanah mengakibatkan lapisan permukaan tanah yang mengandung humus akan hilang. Akibatnya, tanah menjadi kering dan tandus. Dengan demikian, tanaman yang ditanam oleh para petani juga akan sia - sia belaka. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan pertanian di Indonesia menjadi sangat terbelakang.

 Gambar diambil dari : moreko.blogspot. com

Peristiwa - peristiwa tersebut dapat mengakibatkan keseimbangan lingkungan terganggu. Pada akhirnya lingkungan alam yang indah ini lama kelamaan akan menjadi gersang dan tandus.

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

PENDAPAT PENULIS

Ada banyak sekali kekayaan Indonesia yang melimpah ruah terutama hasil tambang. Hal inilah yang sangat memprihatinkan masyarakat ekonomi Indonesia mengingat keadaan ekonomi masyarakat yang begitu memburuk. Padahal hasil tambang seperti emas, timah, batu bara minyak bumi dan kekayaan lainnya sangat berlimpah. Pertanyaannya adalah : Dikemanakan hasil pertambangan tersebut? Apakah rakyat Indonesia juga bisa menikmati hasil tambang dan kekayaan alam dari tanah air mereka sendiri?

Gambar diambil dari : moreko.blogspot .com


Sungguh suatu hal yang sangat mengerikan. Melihat hal ini, kita sebagai generasi muda harus mampu untuk keluar dari ironi nasional yang menyebabkan kehancuran alam kita. Kita harus berusaha lebih giat lagi dalam belajar.
Adik - adik generasi penerus bangsa, marilah kita sama - sama berjuang lebih keras lagi agar keadaan kita baik dalam hal ekonomi maupun sosial kita menjadi lebih baik. Semoga dengan adanya soal - soal yang diterbitkan oleh sahabat belajar mampu meningkatkan prestasi kalian. Dan semoga blog ini dapat memenuhi apa yang kalian cari selama ini.Selamat belajar ya adik - adik semua...

0 Response to "Penambangan Logam yang Berlebihan akan Dapat Menyebabkan"

Post a Comment