Akibat dari Penggunaan Insektisida yang Berlebihan

Seorang petani melakukan penyemprotan tanaman padinya menggunakan insektisida. Setelah dilakukan penyemprotan, ditemukan banyak belalang yang mati. Dampak dari kematian belalang dalam rantai makanan di dalam ekosistem sawah tersebut adalah . . .

Gambar diambil dari : beritadaerah.co.id


a.  Bertambahnya populasi ular
b.  Berkurangnya populasi katak
c.  Berkurangnya populasi tanaman padi
d.  Bertambahnya populasi burung elang


Jawaban yang benar adalah : B

Pada ekosistem sawah, rantai makanan tersebut adalah sebagai berikut.

Tanaman padi --> belalang --> katak --> ular --> elang

Tanaman padi berperan sebagai produsen. Sedangkan belalang sebagai konsumen I. Kemudian katak berperan sebagai konsumen II. Untuk ular berperan sebagai konsumen III. Dilanjutkan dengan konsumen IV adalah elang. Apabila banyak belalang yang mati di dalam ekosistem tersebut, jumlah populasi katak sebagai pemangsanya akan menurun. Penurunan populasi katak akan diikuti oleh penurunan populasi ular dan elang.

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

Adapun fakta atau berita yang berhubugan dengan soal diatas adalah sebagai berikut.

Para petani di daerah Jawa Tengah tepatnya di area kecamatan Jepon mengalami kekeringan di beberapa tahun terakhir ini. Bahkan kebanyakan dari mereka banyak yang gagal panen dan merugi akibat kekurangan air. Dampak kekurangan air ini juga banyak dirasakan oleh penduduk setempat di musim tanam.

Gambar diambil dari postkotanew. com


Selain kebutuhan tanam, penduduk di salah satu area di Kabupaten Blora ini juga terancam kekeringan dalam hal pangan. Kebanyakan dari mereka harus antri sampai beberapa kilometer jauhnya untuk mendapatkan air bersih yang digunakan untuk kebutuhan sehari - hari. Jangankan untuk memenuhi kebutuhan irigasi, untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga saja airnya tidak mencukupi. Sehingga hal ini perlu penanganan yang serius dari masyarakat maupun peran dari pemerintah.

Gambar diambil dari : postkotanesw. com

Dalam hal ini, kebijakan penggunaan insektisida oleh petani juga akan sangat mempengaruhi dengan keterbatasan air yang ada di kecamatan Tugu Lombok ini. Karena keegoisan para petani yang menginginkan hasil panen yang melimpah, mereka berasumsi untuk menambah intensitas insektisida untuk sawah mereka. Sehingga dampaknya dirasakan oleh banyak orang. Dengan demikian petani akan menderita gagal panen dan merusak unsur hara dalam tanah. Semoga para petani dapat dengan hati - hati dan tidak egois dalam menggunakan insektisida agar tidak membatasi aliran air bersih dari persawahan yang mengalir menuju perumahan penduduk.

Sumber : interview langsung dari penduduk kecamatan Jepon, Kab. Blora, Jawa Tengah

0 Response to "Akibat dari Penggunaan Insektisida yang Berlebihan"

Post a Comment