Peradangan pada Ginjal Akibat Infeksi Bakteri Streptococcus disebut

Nefron yang enterdapat pada ginjal dapat mengalami peradangan akibat infeksi bakteri Streptococcus. Gangguan pada ginjal ini dikenal dengan penyakit . . .


Gambar diambil dari : dedaunan.com

a.     Nefritis 
b.     Gastritis 
c.     Perikarditis 
d.     Pankreatitis 

Jawaban yang benar adalah : A 

Nefritis adalah merupakan peradangan nefron pada ginjal karena infeksi bakteri streptococcus. Nefritis dapat menyebabkan seseorang uremia dan oedernia. Uremia adalah penimbunan air di kaki karena reabsorpsi air terganggu.

Gambar diambil dari : gejalapenyakitginjal. blogspot. com

Penyakit uremia disebabkan karena ginjal tidak dapat membuang urea sisa metabolisme tubuh. Hal inilah yang sering disebut gagal ginjal dalam dunia medis. Istilah ini muncul seiring ginjal sudah tidak dapat melakukan fungsinya lagi karena banyak hal. Salah satunya adalah terganggu oleh bakteri streptococcus.

Penumpukan urea ini terjadi dari sisa metabolisme protein yang terdapat dalam darah. Karena tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh, akhirnya urea ini meningkat dengan konsentrasi urea yang cukup tinggi dalam darah. Akhirnya urea ini bercampur di dalam darah. Inilah yang menyebabkan ciri fisik seperti kaki bengkak dan kulit berubah menjadi kuning atau dalam dunia medis sering disebut sebagai penyakit kuning. 

Sementara, pankreatitis merupakan peradangan pancreas akibat infeksi bakteri. Gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung akibat produksi asam lambung berlebih. Perikarditis adalah peradangan lapisan jantung (pericardium) akibat infeksi bakteri. 

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

Adapun beberapa gejala yang ditimbulkan oleh nefritis adalah sebagai berikut :
  1. Sakit kepala
  2. Demam
  3. Sakit punggung
  4. Mengeluh rasa dingin
  5. Bengkak di daerah sekitar kelopak mata
  6. Muntah-muntah
  7. Sulit buang air kecil
  8. Nanah dalam air kemih
  9. Nyeri ketika berkemih
  10. Air seni berubah warna menjadi keruh.


nefritis pada ginjal disebabkan oleh bakteri streptococcus

 Gambar diambil dari : isranidweipratiwi.blogspott. com

Cara pengobatan penyakit nefritis adalah sebagai berikut.

karena nefritis adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri Streptococcus kepada ginjal, maka pengobatannya adalah dengan melakukan cuci darah. Selain itu cangkok ginjal juga menjadi alternatif kedua jika penyakit sudah parah dan ginjal sudah tidak berfungsi sama sekali.

Penjelasan diambil dari : mdissalam. blogspot .com

0 Response to "Peradangan pada Ginjal Akibat Infeksi Bakteri Streptococcus disebut"

Post a Comment