Ciri Khusus yang Dimiliki Tanaman Bakau adalah

Ciri khusus yang dimiliki oleh tanaman Bakau yang hidup di daerah pantai adalah . . .

Gambar diambil dari : nabilaiza.blogspot.com


a.  Daunnya mengalami modifikasi menjadi duri - duri kecil.
b.  Akarnya mengalami modifikasi menjadi akar nafas.
c.  Daunnya berbentuk seperti kantong.
d.  Batangnya lunak dan berair


Jawaban yang benar adalah : B

Tanaman Bakau hidup di daerah pantai yang mempunyai kandungan oksigen rendah. Untuk memenuhi kebutuhan oksigennya, akar tanaman bakau berkembang menjadi akar napas (pneumatofora). Akar napas ini digunakan tanaman bakau untuk melakukan pertukaran oksigen. Sementara itu, daun tanaman bakau berukuran sedang dan berbentuk lembaran. Adapun batangnya keras berkayu. 

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

Terdapat beberapa fakta dan berita tentang Tanaman Bakau di Indonesia. Simak ulasannya!

Dalam hal ini, pemerintah sedang menggalakkan penanaman hutan Bakau yang merupakan aset paling penting untuk menjaga wilayah pantai tetap terjaga adri abrasi. Dalam hal ini telah digalakkan pemberlakuan penanaman tanaman bakau. Hal ini dilakukan sejak tahun 2003 di Bali.

Pada awalnya, masyarakat tidak begitu tertarik akan tanaman bakau ini. Banyak diantara mereka yang cenderung merusak habitat dari tanaman Bakau. Namun demikian, pemerintah tidak menyerah untuk tetap menggalakkan program penanaman bakau.

Di tahun 2005 penggalakan penanaman tanaman Bakau ini mulai terlihat. Masyarakat pinggir pantai dan komunitas nelayan mulai merasakan hasilnya. Mereka puas dengan adanya bakau di pantai. Karena dapat menjaga kelestarian pantai dari Abrasi dan bencana lainnya. 

Sumber : Tour & Guide Trip Jawa to Bali.

0 Response to "Ciri Khusus yang Dimiliki Tanaman Bakau adalah"

Post a Comment