Contoh Perubahan Wujud Benda yang Terdapat Disekitar Kita adalah

Perhatikan tabel berikut!


Kegiatan
Perubahan Wujud
1.       Memanaskan mentega di atas wajan
P. Menguap
2.       Membuat gula aren dari nira
Q. Mencair
3.       Menjemur sepatu basah di bawah terik matahari
R. Membeku

Gambar diambil dari : usemayjourney.wordpress.com

Pasangan antara kegiatan dan perubahan wujud yang tepat adalah . . .

a.       1-P, 2-Q dan 3-R 
b.      1-Q, 2-P dan 3-R 
c.       1-Q, 2-R dan 3-P 
d.      1-R, 2-P dan 3-Q


Jawaban yang benar adalah :  C

Mentega yang semula padat menjadi cair jika dipanaskan. Pada peristiwa ini terjadi perubahan wujud benda padat menjadi benda cair yang disebut dengan istilah mencair. Kemudian untuk kegiatan membuat gula aren dari air nira hingga mendidih lalu dicetak dan dibiarkan hingga memadat. Dalam kegiatan tersebut terjadi perubahan wujud benda dari cair menjadi padat yang disebut dengan istilah membeku. Kegiatan yang selanjutnya yaitu menjemur sepatu basah di bawah terik matahari lama - lama sepatu akan mengering karena kandungan air yang ada dalam sepatu akan menguap. Peristiwa ini terjadi perubahan wujud benda dari cair menjadi gas atau disebut menguap.

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

KILASAN PENULIS

MENTEGA
Mentega adalah bahan untuk memasak yang terbuat dari kris susu yang terbuat dari olahan susu sapi, kambing atau juga susu kedelai. Mentega akan mencair saat dipanaskan dan membeku saat suhu dingin dan saat suhu normal, mentega akan menjadi lembek (tidak mengeras juga tidak mencair). Mentega yang terbuat dari bahan alami ini dapat digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat.

 Gambar diambil dari detik. com

Tentu saja kita pernah menjumpai mentega di dalam kehidupan sekitar kita. Saya yakin, adik - adik pasti juga tidak asing dengan mentega di dapur. Namun perlu diingat ya... Kebanyakan makan mentega akan berefek tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi buat orang yang mempunyai kebiasaan buruk jarang berolah raga. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak yang tinggi pada mentega. Sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak akan mengakibatkan kegemukan yang tidak wajar.

GULA AREN
Gula aren atau orang - orang biasa menyebutnya gula Jawa atau gula merah atau biasa juga disebut gula legit. Gula ini terbuat dari air nira aren yang diambil dari pohon jenis palm yang diambil dari enau / air enau dari pohon tersebut. Gula ini mengandung kadar kemanisan yang sangat tinggi dibandingkan gula dari tebu ataupun gula dari kelapa.

Gambar diambil dari satujam .com


Oleh karena itu gula ini sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai jenis masakan, makanan khas daerah seperti jajanan khas daerah, sebagai contoh klepon singkong, godres (ketela tumbuk yang goreng dan diberi gula aren ditengahnya) dan juga minuman baik tradisional seperti wedang ronde, wedang sekoteng dan lain - lain.

Gambar diambil dari : menjualkrupuk .com


Ada juga minuman modern yang menggunakan campuran pemanisnya dengan gula aren. Hal ini dapat kita rasakan pada saat minum sirup - sirup botol yang ada di minimarket. Dengan penambahan gula aren ini akan mendapatkan rasa manis yang mantab dan juga alami. Tapi jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi gula jenis ini ya. Tidak baik untuk kesehatan.

0 Response to "Contoh Perubahan Wujud Benda yang Terdapat Disekitar Kita adalah"

Post a Comment