Enzim Ptialin Berfungsi untuk

Ptilain adalah salah satu enzim yang terdapat dalam tubuh kita. Enzim ini dihasilkan oleh kelenjar pankreas dan kelenjar ludah. Dalam pencernaan, enzim ini berfungsi untuk . . .

Gambar diambil dari : ummi-online. com




a.  Mengubah protein menjadi pepton
b.  Mengubah maltosa menjadi glukosa
c.  Mengubah amilum menjadi maltosa
d.  Mengubah protein menjadi asam amino


Jawaban yang benar adalah : C

Ptialin adalah salah satu enzim yang digolongkan ke dalam enzim pencernaan. Enzim ini lebih mendominasi air liur yang ada dalam mulut kita. Enzim ini berfungsi mengubah amilum menjadi maltosa. Amilum adalah sering kita sebut sebagai zat tepung.

Gambar diambil dari : hallowriau. com


Zat tepung ini diperoleh dari hasil katalis makanan oleh air liur secara kimia. Kemudian maltosa adalah senyawa gula (zat gula dalam bentuk yang sederhana). Maltosa adalah hasil katalis zat tepung oleh ptialin ke dalam senyawa gula yang sederhana.

Untuk enzim yang mengubah protein menjadi pepton adalah enzim pepsin. Enzim ini terdapat di dalam lambung. Untuk enzim yang berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa adalah enzim maltase. Enzim ini terdapat di dalam kelenjar usus. Sedangkan enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi asam amino adalah enzim tripsin. Enzim ini terdapat pada kelenjar pankreas.

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

Sebagai contoh untuk merasakan keberadaan manfaat enzim ptialin pada saat kita makan nasi. Pada saat kita makan nasi putih saja ketika kita cerna dalam mulut, maka lama - kelamaan akan nasi tersebut akan terasa manis.

Gambar diambil dari : bekasiurbanciyt. com


Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang terdapat di dalam nasi tersebut. Setelah nasi masuk ke mulut kita, maka air liur yang mengandung enzim ptialin ini akan mengubah zat tepung pada beras untuk diubah menjadi senyawa gula yang sederhana. Oleh karena itu rasanya nasi tersebut akan terasa ada manis - manisnya.

0 Response to "Enzim Ptialin Berfungsi untuk"

Post a Comment