Tujuan Pemberian Celah pada Sambungan Rel Kereta Api adalah

Pada rel kereta api terdapat sambungan antar relnya. Tiap - tiap sambungan memliliki celah. Pemberian celah pada rel ini bermaksud untuk . . .

Fungsi pemberian celah pada rel kereta api
Gambar diambil dari : www.tattoopinners. com



a.  Agar rel tidak melengkung pada saat suhu naik
b.  Agar rel tidak melengkung pada saat suhu turun
c.  Memperkecil gesekan antara roda dengan rel
d.  Mengurangi efek getaran yang ditimbulkan kereta api


Jawaban yang benar adalah : A


Pada siang hari yang terik, suhu udara akan naik dengan drastis. Kenaikan suhu udara mengakibatkan pemuaian pada rel kereta api yang termasuk benda padat yang bisa juga memuai karena panas matahari. Oleh karena itu, antar rel harus diberi celah sebagai ruang muai untuk rel sehingga rel tersebut tidak melengkung. Karena jika rel kereta api sampai melengkung, maka roda kereta api akan menumbuk permukaan rel yang tidak rata. Akibatnya kereta akan keluar dari jalur lintasan yang telah ditentukan. Hal inilah yang menyebabkan kereta api seringkali keluar dari rel sehingga mengakibatkan kecelakaan kereta api.

Manfaat pemberian celah pada rel kereta api
Gambar diambil dari suara. com


Untuk itulah dalam hal ini PT. Kereta Api Indonesia melakukan perawatan rel setiap 3 - 6 bulan sekali untuk memastikan permukaan rel kereta api yang tidak rata. Hal ini dilakukan oleh dinas perkeretaapian yaitu PT. KAI. Dengan adanya perawatan rutin rel ini menjaga agar kereta api terus layak jalan dan memperlancar transportasi ummum.

Tujuan pemberian celah pada rel kereta api
Gambar diambil dari kompass. com


Asal adik - adik tahu ya...? Perawatan rel kereta api ada dasar hukumnya lho di Indonesia. Berikut dasar hukum perundang - undangan yang mengatur perawatan rel kereta api.
1. UU no. 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian.
2. PP no. 56 tahun 2009 tentang penyelengaraan perkeretaapian.
3. PM no. 32 tahun 2011 tentang standar dan tata cara perawatan prasarana perkeretaapian.
(Dasar hukum diambil dari Karya Tulis : Perawatan Jalan Rel oleh Ir. H. Dadang Supriyatno, MT.)



Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

ULASAN KECIL PENULIS

Hal ini sama dengan perbaikan jalan umum untuk transportasi darat. Perlu adik - adik ingat jika kita melewati jalan berlubang dan kita menaiki sepeda motor dengan sangat cepat, bisa jadi kita akan jatuh dan terjadi kecelakaan.

Tujuan pemberian celah pada rel kereta api
Gambar diambil dari : kaorinusantara.or. id


Hal ini termasuk salah satu hambatan yang besar yang dapat kita temukan di jalan raya. Dengan demikian, sangatlah penting merawat dan menjaga kondisi jalan agar tidak banyak berlubang. Sama halnya dengan kereta api ya adik - adik... Kereta api juga membutuhkan jalan yang baik tanpa gangguan sehingga dapat melaju pada jalurnya tepat pada waktunya. Sehingga kita akan nyaman bisa menaiki fasilitas transportasi umum ini.

Tujuan pemberian celah pada rel kereta api
Gambar diambil dari inilahkoran. com


Baru - baru ini pemerintah telah mencanangkan perbaikan dan telah terlaksana dengan baik sebagian besar infrastruktur jalan raya. Dengan demikian kita akan dengan nyaman dapat berkendara  di jalan. Tapi jangan lupa untuk tetap berhati - hati dan waspada di jalan raya ya...

Semoga artikel ini bermanfaat bagi adik - adik para pembaca.

0 Response to "Tujuan Pemberian Celah pada Sambungan Rel Kereta Api adalah"

Post a Comment