Cara Melepas Gelas yang Tertumpuk adalah

Rika tidak sengaja memasukkan gelas ke-I ke gelas ke-II sehingga gelas I tidak dapat terlepas dari gelas ke-II dengan posisi tertumpuk. Kemudian dia merendam kedua gelas tersebut. Setelah direndam dalam air panas, gelas I dapat terlepas dari gelas II karena . . .



 Gambar diambil dari : kebijakandalamkehidupan. blogspot. com

a.  Kedua gelas mengalami penyusutan
b.  Kedua gelas mengalami pemuaian
c.  Gelas I memuai terlebih dahulu
d.  Gelas II memuai terlebih dahulu 


Jawaban yang benar adalah :  D

Gelas I berada di dalam gelas II. Oleh karena itu agar gelas P dapat terlepas maka gelas II harus memuai terlebih dahulu. Gelas memuai akibat memperoleh pemanasan dari air panas. Setelah gelas II memuai, terdapat celah diantara gelas I dan gelas II sehingga gelas I dapat dilepaskan dari gelas II. 

Soal diambil dari Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

ULASAN PENULIS

Dalam hal ini gelas merupakan benda padat yang mempunyai masa jenis yang kerapatannya tinggi. Oleh karena itu kita harus menyadari dengan kerapatan benda yang tinggi akan mempersulit kita untuk mengambil sebuah benda yang tertumpuk apalagi dalam waktu yang tak singkat. Sehingga kita perlu untuk meregangkan dan membuat zat tersebut menjadi lebih melebar.

Gambar diambil dari sablonogelas.wordpres.com


Gelas merupakan benda padat dengan kerapatan kadar benda yang begitu rapat. Sehingga jika tidak sengaja tertumpuk dengan ukuran yang sama, benda ini akan mnejadi sulit sekali untuk dipisahkan. Oleh karena itulah kita perlu memanaskan permukaan dan ujung dari gelas agar permukaan dan ujung gelas dapat memuai. 

Dengan adanya pemuaian gelas baik pada ujung maupun pada permukaannya, maka akan terjadi pelebaran baik di permukaan maupun ujung dari gelas. Hal inilah yang akan menyelamatkan gelas dari pemisahan dua benda parat dengan kerapatan yang sama besar.

Gambar diambil dari : alibabaa. com


Jadi adik - adik jika ingin memisahkan gelas yang tidak sengaja tertumpuk, maka jangan terlalu dipaksa untuk dipisahkan ya. Pemisahan gelas dengan paksa hanya akan dapat merusak permukaan gelas dan kemungkinan buruknya akan dapat membuat gelas mejadi retak dan mungkin bisa saja menjadi pecah. Jadi berhati - hatilah dalam memisahkan gelas yang tidak sengaja tertumpuk. Semoga soal - soal yang disuguhkan di dalam blog ini dapat bermanfaat buat kalian.
Semangat belajar dan sukses ya...!!! 

0 Response to "Cara Melepas Gelas yang Tertumpuk adalah"

Post a Comment