Pada saat Cuaca Panas Daun Jagung Menggulung dengan Tujuan

Perhatikan gambar di bawah ini !

Gambar diambil dari : www. satujam. com


Pada saat cuaca panas daun tanaman tersebut akan menggulung dengan tujuan . . .

a.  Mempertahankan diri dari serangga pengganggu
b.  Menyerap uap air di udara

c.  Mengurangi penguapan
d.  Menyimpan air


Jawaban yang benar adalah : C

Tanaman pada gambar adalah tanaman jagung. Daun tanaman jagung yang lebar akan mengakibatkan terjadinya penguapan air dengan volume yang sangat tinggi. Oleh karena itu, pada saat cuaca panas daun tanaman jagung akan menggulung untuk mengurangi penguapan. Air yang tidak menguap tersebut disimpan dalam tubuh tumbuhan untuk cadangan air pada saat melakukan proses fotosintesis.

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

ULASAN PENULIS

Hal ini juga terjadi dan berlaku untuk semua jenis tanaman. Seperti halnya pohon jati yang menggugurkan daunnya pada saat musim panas. Hal ini dilakukan oleh pohon jati untuk mengurangi penguapan. Karena penguapan yang besar akan mengakibatkan kekeringan pada sebuah tanaman.

Selain itu, pada saat musim panas, akan sangat sulit mendapatkan air.  Terlebih lagi untuk tanaman jagung yang akarnya hanya menjangkau beberapa sentimeter saja ke dalam tanah.

gambar diambil dari : Sardjono .com

Hal ini dapat mempersulit tanaman jagung untuk mendapatkan air dalam melakukan proses fotosintesis. Dengan demikian panas matahari yang seharusnya bisa membantu tanaman dalam proses fotosintesis, malah akan dapat membunuh tanaman tersebut jika kekurangan air dalam tubuhnya. Ini bisa terlihat pada tanaman - tanaman jagung yang jauh dari sumber air dan tidak disiram oleh pemiliknya.

Dalam ilmu pertanian dikenal adanya pengairan sawah secara berkala dalam musim tanam. Hal ini dimaksudkan agar tanaman yang ditanam bisa hidup sampai musim panen tiba. Petani tradisional melakukan pengairan dengan mengambil air dari sungai. Cara tradisional ini sekarang sudah jarang sekali dipakai lagi oleh petani modern karena dinilai tidak efektif. Selain itu karena pada saat musim panas air sungai akan surut bahkan ada beberapa sungai yang kehabisan air. Sementara itu, para petani membutuhkan pasokan air yang besar untuk melakukan irigasi pada sawah mereka.

Gambar diambil dari : panoramio .com
Tetapi baru - baru ini pemerintah memberikan bantuan untuk para petani dalam bentuk sumur patek atau sumur bor yang mengambil dari sumber mata air bawah tanah. Sumur ini dapat dimanfaatkan untuk pengairan sawah untuk mendapatkan hasil tanam yang maksimal pada saat musim panen. Cara ini dinilai sangat efektif dan efisien dalam pertanian. Dengan demikian para petani dapat terbantu dalam mengairi sawah mereka. Ini adalah salah satu usaha paling penting yang dilakukan untuk dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi para petani di Indonesia.

0 Response to "Pada saat Cuaca Panas Daun Jagung Menggulung dengan Tujuan"

Post a Comment