Benda dan Sifat Bahan Manakah yang Sesuai dengan Tabel Berikut?

Perhatikan tabel berikut !

Gambar diambil dari : clipartbest. com



Benda
Sifat Bahan
1.       Balon
A.      Tipis dan mudah menyerap tinta
2.       Wajan
B.      Tidak menyerap air dan tembus pandang
3.       Botol sirop
C.      Elastis dan kuat
4.       Buku tulis
D.      Bersifat konduktor dan mudah ditempa

Pasangan benda dan sifat bahan yang tepat adalah . . .

a.       1-B, 2-A, 3-D dan 4-C 
b.      1-B, 2-C, 3-A dan 4-D 
c.       1-C, 2-D, 3-A dan 4-B 
d.      1-C, 2-D, 3-B dan 4-A 


Jawaban yang benar adalah : D

Balon umumnya terbuat dari karet karena bersifat kuat dan elastis. Selain itu, karet bersifat tidak tahan api, isolator dan tidak tembus air. Sedangkan wajan terbuat dari logam bersifat konduktor yang mudah ditempa. Selain itu, logam berisifat keras, kuat, ringan, tidak menyerap air dan tidak mudah terbakar. Kemudian botol sirup umumnya terbuat dari kaca yang bersifat tidak menyerap air dan tembus pandang. Selain itu, kaca bersifat kuat, tahan panas, mudah dibentuk jika dipanaskan dan bersifat isolator. Jadi pasangan benda dan sifat bahan yang benar adalah 1-C, 2-D, 3-B dan 4-A.

Soal diambil dari : Detik - detik Ujian Nasional 2015 / 2016

Dari keempat bahan beserta fungsinya diatas, dapat disimpulkan bahwa tidak semua benda dapat digunakan untuk aktifitas yang sama sebagaimana wajan yang bersifat konduktor yang dapat menghantarkan panas. Benda ini akan dengan cepat menghantarkan panas dari api kompor yang ada dibawahnya. Sehingga pada saat kita gunakan untuk memasak, wajan akan sangat cepat menghantarkan panas untuk mempercepat proses matangnya masakan yang sedang kita masak.

Gambar diambil dari : pusatlogam .blogspot .com


Selain itu, sifat mudah ditempa juga mempermudah pembuat alat masak untuk membentuk wajan menjadi bentuk parabola yang sangat modah digunakan untuk memasak terutama untuk menggoreng dan menumis. Di sisi lain, wajan juga tidak mudah terbakar dan tidak menyerap air. Sehingga benda tersebut sangat cocok digunakan untuk memasak.

Untuk balon yang terbuat dari karet, bersifat kuat dan elastis. Hal ini menunjukkan bahwa baloon sangat cocok digunakan untuk menampung udara. Karena terbuat dari karet, balon sangatlah baik digunakan untuk mainan anak - anak yang pada umumnya perlu mengkreasikan beberapa elemen / benda (seperti udara) untuk dapat mendukungnya sebagai mainan anak - anak.

Gambar diambil dari : sigambar. com


Namun demikian, karena balon tidak tahan api, maka memang disarankan untuk tidak mendekatkan mainan berupa karet dengan api. Akan sangat berbahaya bagi anak - anak yang bermain.

Kemudian untuk botol sirup yang umumnya terbuat dari kaca yang bening, akan dapat bermanfaat dari segi penjualan. Selain itu warna sirup yang terlihat dari luar botol juga akan memberikan daya tarik tersendiri.

Gambar diambil dari sukamart .com


Sehingga pemasar tidak perlu susah - susah untuk mencobakan produk berupa sirup kepada konsumen. Cukup dari warna sirupnya saja jika menarik, maka terlihat dari luar botol akan menarik. Hal ini sangat menguntungkan bagi para penjual. Selain itu pembeli juga diuntungkan dengan kepuasan mereka dalam memilih warna dari sirup apabila menggunakan botol kaca yang bening.

Buku tulis sangat berguna bagi semua orang. Dengan sifatnya yang mudah menyerap tinta, maka kertas pada buku tulis mampu meninggalkan jejak berupa tulisan yang sangat bermanfaat pagi para pengguna guna merekam catatan - catatan penting yang mereka perlukan yang tidak mampu dimasukkan ke memori otak secara spontan sekaligus.

Gambar diambil dari : alattulissekolah blogspot .com


Hal ini memberikan dampak positif bagi para siswa terutama untuk pembelajar pemula. Sangatlah cocok untuk orang yang daya ingatnya sudah lemah.

0 Response to "Benda dan Sifat Bahan Manakah yang Sesuai dengan Tabel Berikut?"

Post a Comment